Home » » Perbedaan pemograman website PHP vs ASP

Perbedaan pemograman website PHP vs ASP


Pembuatan sebuah website yang saat ini banyak digunakan dengan teknologi server side, yaitu proses kompilasi sebuah program di lakukan di sisi server, bahasa pemograman yang banyak digunakan dalam membangun sebuah website yaitu php dan asp.

php dan asp pada prinpsinya sama mereka adalah bahasa programan yang digunakan dalam membuat sebuah aplikasi berbasis web base, cuma beberapa fitur yang berbeda hal ini disebabkan kedua bahasa tersebut dikembangkan oleh pihak-pihak yang berbeda.

Apa itu ASP..?

ASP dikembangkan oleh microsoft salah satu perusahan terbesar dalam dunia software, ASP merupakan singkatan dari Active Server Pages, ASP sendiri dalam pengunaan syntax penulisan program lebih mirip dengan bahasa pemograman visual basic ataupun javascript, selain itu ASP juga dapat di intergrasikan dengan script dasar website yaitu HTML, (Hypertext Markup Language), ASP sendiri berjalan diatas server yang dikembangkan oleh microsoft yang berbasis windows, yaitu IIS (Internet Informastion Services).

Aplikasi ASP

Dalam membangun sebuah website dengan mengunakan ASP akan menghasilkan sebuah website yang lebih interaktif dan profesional dari pada mengunakan script standar HTML, dengan mengunakna ASP kita dapat membuat sebuah website dengan fitur slide untuk gambar,ataupun jam yang dapat disesuaikan dengan server, dan juga dapat melakukan pemanggilan data pada database sehingga hal ini akan membuat sebuah website akan menjadi sebuah aplikasi yang profesional.

Mengapa memilih ASP.

ASP menjadi sebuah referensi bagi para developer website selain mengunakan php, penulisan ASP yang lebih format, ASP juga di dukung oleh bahasa pemograman javascript dan ASP.net dalam koneksi ke database.

Apa itu PHP..?

PHP merupakan bahasa pemograman yang sama dengan ASP, namun php lebih terkenal dan banyak digunakan oleh para developer website, dalam penulisan syntax atau perintah, tidak jauh berbeda dengan ASP, hanya pada fleksibilitas, PHP memungkinkan para programer untuk mendefiniskan yang dapat diinterpretasikan oleh browser dengan penulisan perintah yang sama dengan standar PHP. PHP juga dapat diintegrasikan dengan bahasa standar website sama halnya dengan ASP. PHP dapat dikembangkan oleh siapa saja, hal ini karena PHP bersifat Open Source, sehingga kelangsungan atau perkembangan PHP sendiri sangat tergantung dari orang yang berpatisipasi, atau dapat disebut bahasa pemograman PHP sendiri tidak ada vendor tertentu yang melakukan pengembangan seperti halnya ASP.

Aplikasi PHP.

Aplikasi yang dibangun dengan PHP sama dengan yang ada di ASP,seperti membuat slide gambar,koneksi database, atau yang lian. Selain itu PHP juga dapat melakukan pengaturan dalam membuat sebuah kotak seperti mengunakan tabel, hal ini dapat kita lakukan dengan mengatur pengunaan DIV, baik untuk penganturan gambar, text,warna ataupun yang lain. selain itu PHP juga dapat melakukan akses file eksternal yang terdapat dalam direktori yang lain dan juga mengimport data dari file lain,seperti xml.

Mengapa pilih PHP...?

pemograman PHP lebih dikenal oleh para developer web dalam membangun sebuah website dibandingkan dengan ASP. selain itu PHP bersifat open source, dan komunitas di internet lebih banyak, dan juga perkembangan PHP sangat cepat disebabkan semua orang melakukan pengembangan berbeda dengan ASP.

0 comments:

West Sumatra Gallery photo

Picture 03

Picture 03

Picture 02

Picture 02

Picture 01

Picture 01

Submenu Section

Slider Section